Pengertian Budaya Lokal dan Nasional

Pengertian Budaya Lokal dan Nasional
1.     Budaya Lokal
Budaya Lokal adalah budaya yang yang berkembang di daerah-daerah dan merupakan milik suku-suku bangsa di wilayah nusantara Indonesia. Budaya local hidup dan berkembang di masing-masing daerah/suku bangsa yang ada di seluruh Indonesia.
Contoh
  • Budaya Selamatan dalam lingkaran Hidup Manusia di Suku Bangsa Jawa  (Mitoni/Tingkep, Brokohan, Puputan, Sunatan, Perkawinan, Selamatan orang yang sudah meninggal, dll)
  • Budaya Garebeg Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
  • Budaya Ngaben untuk masyarakat Suku Bangsa Bali
  • Dll
2.     Budaya Nasional
Budaya Nasional adalah kebudayaan yang terbentuk dari keseluruhan budaya local yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia sertah hasil serapan dari budaya asing atau budaya global, dengan ikatan yang menjadi cirri khas seluruh budaya di Indonesia yaitu nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Koentjaraningrat menyatakan bahwa kebudayaan nasional berfungsi sebagai pemberi identitas kepada suatu nation sebagai kontinuitas sejak kejayaan bangsa Indonesia pada masa lampau sampai kebudayaan nasional masa kini.
Pasal 32 UUD 1945 menyatakan: “Kebudayaan bangsa ialah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya”.
Perwujudan Budaya Nasional
a.     Secara abstrak budaya nasional terwujud dalam system gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia.
b.    Sedangkan perwujudan konkret dari budaya nasional berupa
-          cara berbahasa
-          cara berperilaku
-          cara berpakaian
-          dan peralatan hidup

0 comments:

Post a Comment